Jumat, 23 Oktober 2009

 Kebudayaan Tarakan



Kota Tarakan mempunyai banyak kebudayaan.Salah satunya adalah Iraw Tengkayu. Kegiatan yang biasanya dilaksanakan pada akhir tahun atau berdekatan dengan ulang tahun kota Tarakan,pada bulan desember.
Pesta Iraw Tengkayu adalah suatu bagian dari unsur kebudayaan Indonesia yang lahir dan berkembang pada masyarakat tidung sebagai bentuk interaksi dengan lingkungan sekitarnya.

Tradisi ini untuk memperlihatkan sesuatu tindakan rasa syukur masyarakat yang diberikan melalui aktifitas mereka sebagai nelayan sehingga pesta ini dikonotasikan sebagai pesta laut





Dalam perjalanan dan perkembangannya tradisi ini (Pesta Iraw Tengkayu)  melihatkan resistensi budaya yang tetap berkembang dalam masyarakat dan cukup berpotensi sebagai atraksi daya tarik wisata.

Momen ini telah direspon pemerintah daerah dengan ditetapkan perayaannya dilaksanakan 2 (dua) tahun sekali dirangkaikan dengan peringatan hari jadi Kota Tarakan. Secara nasional Iraw Tengkayu juga telah menjadi calender of event pada Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Mudah-mudahan kita dapat menjaga dan melestarikan budaya Kota Tarakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Template Design By:
SkinCorner